Menabunglah untuk Masa depan dan Keluarga

Hal yang sangat di inginkan oleh seorang atau keluarga adalah kebahagiaan, karena itu kita harus mempersiapkan apa yang dapat menunjang kebahagiaan. Dengan cara menabung dari dini ini akan membawa kita kejenjang masa depan diri sendiri maupun keluarga. Ada kata yang sangat dekat dengan telinga kita nyaitu “sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit”. Berikut tips agar dapat menabung dari dini.

1.       Kurangi Belanja Terlalu Banyak.


Kebiasaan ini sangat diminati oleh semua orang,”Berbelanja”, setiap gajian pasti hal yang dipikirkan adalah belanja. Boleh belanja tetapi harus ada budgetnya. Jangan melebihi diatas penghasilan kita. Beli lah sesuai keperluan bulanan, seperti makanan, alat2 mandi, dan perlengkapan pribadi. Jika ada perlengkapan kita yang masih bisa dipakai sebaiknya gunakan sampai benar benar tidak bisa dipakai. Dengan mengurangi belanja, kita sudah dapat menabung sedikit untuk kedepannya.

2.       Menabung 10% dari penghasilan per bulannya.

Terkadang kita lupa akan hal ini. Kalau sudah gajian kita lupa akan menabung, bahkan baru dipertengahan bulan, uang kita sudah habis duluan. Nah sekarang mulai lah menabung 10% dari awal kita gajian, nanti hal ini tidak akan terasa.

3.       Makan lah makanan yang sehat.

Makan adalah hal yang kita lakukan setiap harinya, bahkan harus 3kali dalam sehari, tetapi terkadang kita lupa akan porsi makan kita dan terlalu tergiur dalam melihat makanan yang sangat lezat. Hal ini dapat menguras kantong pribadi kita, karna biasanya makanan seperti ini sangat mahal, selain mahal dapat membuat kita gemuk, membuat porsi makan kita bertambah sehingga makannya double. Ini dapat menjadi pemborosan. Nahhh sekarang mulai makan yang sehat.

4.       Pergi kekantor dengan kendaraan umum.

Jaman sekarang sudah tidak jarang orang dengan sepeda motor, gengsi yang tinggi sehingga ini dapat menjadi pemborosan yang sangat tinggi. Gaji tidak seberapa tetapi motornya super mahal, bensin yang sangat boros. Sebaiknya hindari hal ini, mulai lah naik kendaraan umum karna hal ini dapat membatu anda menabung.

5.       Kurangi Hangout (Keluar malam) dan Traveling bersama teman.

Pergi bersama teman sekantor, atau pacar adalah hal yang sangat menyenangkan tetapi ini juga dapat membuat kita boros dan lupa akan menabung. Memang penting kita lakukan tetapi jangan sering sering seperti kurangi menonton bioskop, makan direstoran  dan traveling. Jadwalkan lah kegiatanmu dalam 1 kali setahun atau 1 kali perbulan. Hal ini sangat dapat membatu mu dalam menabung.


Hal diatas adalah beberapa tips – tips yang dapat membatu kita menabung. Mulai lah dari sekarang, karna sangat bermanfaat kelak jika kita sudah berkeluarga. Selamat mencoba 





Comments

Popular posts from this blog

About Masses and Mass Families in Revit

How to Create an Ordinate Linear Dimension Style in Revit

How to Create a Toposurface in Revit