Kota Doloksanggul-Humbang Hasundutan dan 5 Tempat Pariwisata Di Humbang Hasundutan

Dolok Sanggul, Humbang Hasundutan


Dolok Sanggul adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Indonesia. Dolok Sanggul merupakan ibu kota Kabupaten Humbang Hasundutan. Dengan Luas Wilayah daratan: 2.502, 71 Km2 terdiri dari 10 Kecamatan, 1 Kelurahan dan 143 Desa. Memiliki jumlah penduduk 171.687 Jiwa yang terdiri dari 85.274 jiwa dan 86.413 perempuan. Kota ini terletak di dataran tinggi berhawa dingin sejuk. Dolok Sanggul juga menjadi sentra perekonomian dan perdagangan di Kabupaten Humbang Hasundutan. Juga menjadi pusat kegiatan keagamaan Kristen, terutama gereja HKBP Distrik III Humbang. Salah satu makanan khas Dolok Sanggul adalah daging kuda. Masyarakat Doloksanggul ramah-ramah, organisasi sangatlah penting dalam kehidupan warga Doloksanggul, Doloksanggul penuh dengan gereja, dan rata-rata warga memeluk agama Kristen.
Marga yang mayoritas di Doloksanggul adalah Simamora,Lumban Gaol, Lumban Raja, Marbun, Nababan, Sianturi, Sihite, Sihotang, Sihombing, Situmorang. Doloksanggul bisa dikatakan kota dengan perkembangan sangat cepat dibanding kabupaten lain yang sama dimekarkan. Warga Doloksanggul kebanyakan bertani dan masih sangat kental adat batak yang masih nampak di tiap sudut kehidupan warga. (Data dari Wikipedia)

Geografi
Kota Doloksanggul mempunyai sungai yang melewati Kota Doloksanggul yaitu sungai kecil yang namanya Aek Sibundong. Sungai ini terkenal dan sering disebut sebut orang misalnya pada sebuah lagu yaitu "Aek Sibundong" memang dulunya sungai ini sangat bersih dan cantik. Tapi, sekarang karena ada pencemaran dari kota, kotoran dari kota semua terbuang ke Sungai aek sibundong ini, tepatnya di Jl. Sisingamangaraja dan Jl. G. A. Letkol Manullang, pencemaran ini sangat disayangkan, karena semua yang ada di lagu jadi seperti bualan saja, seperti dalam lirik "Oh aek sibundong aek sibundong dana uli", artinya air sibundong yang indah cantik.

Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi hanya mengandalkan pertanian, pertanian yang paling berkembang terdapat di desa Siborboron, Kecamatan Sijamapolang yang tepatnya diperbatasan antara Kecamatan Doloksanggul dan Onan Ganjang. Jenis tanaman yang dikembangkan disana kebanyakan holtikultura seperti cabai, tomat, sayur mayur dan lain lain, sedangkan tanaman tua yaitu jeruk.

Wisata

Wisata di Kota Doloksanggul, di Kecamatan Baktiraja karena memang pinggiran danau toba dan warga kota berwisata ke Bakkara yang di mana memang asal pahlawan nasional Batak yaitu Sisingamangaraja XII dan istana mungilnya. Jika dikembangkan wisata BAKKARA sangatlah menarik di mana terdapat air terjun dan pemandangan yang sangat mengagumkan karena terdapat pulau kecil yaitu pulau Simamora.

Ada 5 Tempat Wisata di Kabupaten Humbang Hasundutan

1.      Aek Sipangolu
Lebih dikenal penduduk setempat dengan sebutan Aek Sipangolu dalam Bahasa lokal, sipangolu berarti pemberi kehidupan atau menghidupkan kembali. Keberadaan aek sipangolu menjadi destinasi pariwisata yang dikembangkan oleh kabupaten Humbang hasundutan. Sarana dan prasarana menuju kesana cukup memadai, disana kita juga tidak akan menikmati keindahan alam, kita juga akan secara tidak langsung akan menuju kesitus bersejarah sisingamagaraja. Jarak dari kota doloksanggul kabupaten humbang hasundutan adalah 17 km. Lokasinya berada di desa simangulampe kecamatan bakti raja


2.      Istina Sisingamangaraja

Berjarak sekitar 16 km dari doloksanggul, anda akan menelusuri istana sisingamangaraja sang pahlawan Batak yang berjasa besar bagi orang batak. Istana ini terletak didesa Simamora kecamatan Bakti raja. Sarana dan prasarana kesana sangat cukup memadai.


3.      Air terjun Janji
Air terjun ini terletak di Desa bakti raja, jarak dari kota doloksanggul 22 km, ketinggian air terjun ini 30 m dari muka tanah. Sarana dan prasarana sangat memadai.
Tempat ini sangat banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun interlokal pada hari libur dan hari biasa. Kita akan menikmati wisata alam menuju ketempat ini, karna lokasi ini persis dekat dengan bibir danau toba.


4.      Sipinsur Humbahas
Panorama yang indah akan keindahan danau toba akan kita nikmati dari tempat ini karena tempat ini berada di puncak danau toba, kita akan melihat pohon pohon pinus disetiap jalan menuju kesana, sarana dan prasarana sangat memadai ada tempat penginapan dan transportasi antar jemput, sangat dekat dengan bandara sibolangit. Jadi sangat mungkin untuk dikunjungi.


5.      Air Terjun Sampuren Pollung
Objek wisata ini baru ditemukan keberadaanya, jarak dari kota doloksanggul 36 km, keberadaanya di desa purba baringin. Keindahan air terjun ini sangat indah karna ketinggian nya 62 m dari permukaan tanah. Keberadaan pasir putih disisi sungai yang menyerupai pantai yang disebut juga sungai berpantai. Sarana dan prasana belum cukup memadai.  Kita berharap objek wisata ini akan diperhatikan oleh pemerintah humbang hasundutan.











Comments

Popular posts from this blog

About Masses and Mass Families in Revit

CREATING AND EXPORTING ANIMATIONS ON NAVISWORKS.

How to Create a Toposurface in Revit